DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERHITUNGAN SUMBERDAYA DAN CADANGAN BATUBARA PADA PT MITRA TALA, DESA GANDRUNG, KECAMATAN PAKU, KABUPATEN BARITO TIMUR, KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:MUHAMMAD KHOIRI RAHMANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-30


 

 

PT Mitra Tala merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penambangan batubara. Di dalam melakukan kegiatan penambangannya PT MitraTala memerlukan desain tambang sebagai pedoman atau pegangan agar dapat mencapai mencapai sasaran dan tujuannya. Agar PT Mitra Taladapat memenuhi sasaran dan tujuannya itu, maka perlu memerlukan perhitungan sumberdaya dan cadangannya sebagai pedoman. Hal yang diperlukan untuk itu diantaranya adalah perhitungan sumberdaya, permodelan endapan batubara, desain pit, perhitungan cadangan tertambang dan penentuan batas pit limit yang dalam hal ini adalah batas IUP PT Mitra Tala  sehingga didapatkan kondisi dan gambaran untuk perencanaan tambang yang baik.

Permodelan dan perhitungan sumberdaya serta cadangan batubara dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak minescape 5.7. Perhitungan sumberdaya dan cadangan batubara, permodelan endapan batubara dan penentuan batas penambangan mengacu pada batas IUP PT Mitra Tala serta perancangan pit.

Area yang digunakan dalam pembuatan desain pit masuk ke area terukur, dikarenakan tingkat keyakinan geologi yang tinggi pada area tersebut serta area yang terbatas. Sehingga hasil yang didapat dari perhitungan semua seam yang telah dilakukan dari sumberdaya terukur adalah sebesar 615.383,51 ton, desain yang dibuat berupa open pit dengan metode free dig yang memiliki elevasi tertinggi 96 mdpl dan elevasi terendah 68 mdpl dengan luas daerah 2,22 ha. Dari hasil desain pit didapatkan cadangan dari hasil desain pit sebesar 34.568,37 ton dan total OB sebesar 385.618,14 bcm. Maka stripping ratio yang didapat adalah 11 dimana nilai tersebut didapat karena blok area kerja yang kecil.

 Kata-katakunci:Cadangan,Desainpit,Sumberdaya

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI