DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ELEKTRONIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMP
PENGARANG:REZKY FITRIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-30


Rezky Fitriyana. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Elektronik Materi Pencemaran Lingkungan Berorientasi Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Peserta Didik SMP .

Pembimbing : Dr. Suyidno, M.Pd. Dr. Suryajaya, S.Si., M.Sc. Tech.

 

Permasalahan lingkungan masih tinggi di Indonesia, salah satu penyebabnya adalah rendahnya literasi lingkungan. Upaya pengintegrasian literasi lingkungan dalam pendidikan di Indonesia sebenarnya sudah ada, namun dalam pengimplementasiannya belum terukur dalam kurikulum, oleh karena itu penelitian ini bertujuan menghasilkan LKE-PBL yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Educational Design Research (EDR), yaitu desain Tessmer meliputi evaluasi diri, validasi ahli, one to one, small group, dan uji coba field test. Subjek uji validitas oleh 3 pakar pendidikan IPA dan 2 praktisi, subjek uji perorangan adalah 3 peserta didik, subjek uji kelompok kecil adalah 9 peserta didik, dan subjek uji coba lapangan adalah 43 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas LKE-PBL sebesar 3,45 dengan kategori sangat valid, kepraktisan uji one to one  sebesar 87, 66 dengan kategori sangat praktis, kepraktisan uji small group sebesar 87,55 dengan kategori sangat praktis, dan kepraktisan uji field test sebesar 88 dengan kategori sangat praktis. Keefektifan one to one sebesar 0,39 dengan kategori sedang, keefektifan small group sebesar 0,43 deengan kategoori sedang, dan keefektifan field test sebesar 0,23 dengan kategori rendah.

 

 

Kata kunci : Lembar kerja elektronik. Problem Based Learning (PBL), literasi lingkungan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI