DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI INDUSTRI MINYAK DAN GAS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2019-2022)
PENGARANG:RURI FILA SANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-30


Ruri Fila Santy (2023). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Capital Intensity terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi Industri Minyak dan Gas yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2019-2022).

Pembimbing: Dra. Sustinah Limarjani, SH., MM., Ak., CA

Agresivitas pajak merupakan tindakan yang dilakukan agar dapat memperkecil beban pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari profitabilitas, likuiditas, dan capital intensity terhadap agresivitas pajak. Variabel independen dalam penelitian ini menggunakan profitabilitas, likuiditas, dan capital intensity. Sedangkan variabel dependen menggunakan agresivitas pajak yang kemudian diukur menggunakan CETR.

Populasi penelitian ini adalah sektor energi industri minyak dan gas yang terdaftar di BEI periode tahun 2019-2022 yang kemudian dipilih sebagai sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu. Sehingga dihasilkan 10 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian dengan 4 periode tahun penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 40 sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda melalui IBM SPSS Statistics 23.

Hasil penelitian mengindikasikan bahwa profitabilitas dan capital intensity berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar nilai profitabilitas dan capital intensity maka akan meningkatkan tindakan agresivitas pajak. Temuan lain dalam penelitian ini yaitu bahwa likuiditas tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. hal ini menunjukkan bahwa besar kecilnya likuiditas tidak akan memengaruhi adanya tindakan agresivitas pajak perusahaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI