DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO, DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:FARRADILLA MASZLYN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-30


Kemiskinan dapat timbul dikarenakan kebutuhan manusia yang tidak terpenuhi. Permasalahan standar hidup yang rendah berkaitan pula dengan jumlah pendapatan yang sedikit, perumahan yang kurang layak, kesehatan dan pelayanan kesehatan yang buruk, tingkat pendidikan masyarakat yang rendah sehingga berakibat pada rendahnya sumber daya manusia dan banyaknya pengangguran. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka, Produk Domestik Regional Bruto, dan Indeks Pembangunan Manusia terhadap tingkat kemiskinan di provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif dengan menggunakan data yang didapat dari BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2017-2022.  Pengolahan data menggunakan Eviews 10 x64 dengan teknik analisis data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan, PDRB (Produk Domestik Bruto) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kemiskinan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI