DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN INTERVENSI KEPERAWATAN SEBELUM PELAKSANAAN TRANSFUSI DARAH DI RSUD DR. MURJANI SAMPIT TAHUN 2018
PENGARANG:Asih
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2019-02-18


ABSTRAK
GAMBARAN INTERVENSI KEPERAWATAN SEBELUM PELAKSANAAN TRANSFUSI DARAH DI RSUD DR. MURJANI SAMPIT TAHUN 2018
Asih
Latar Belakang: Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang teknik atau cara muIai dari keIuarnya darah dari Bank darah, berapa Iama standar darah di perjaIanan menuju ruang perawatan, teknik atau metode membawa darah tersebut, teknik menghangatkan darah, berapa Iama darah dihangatkan sebeIum masuk ke tubuh pasien, cara pemberian spooIing dengan NaCI, berapa banyak NaCI yang harus masuk, pemberian injeksi pre transfusi dan Iain sebagainya, haI ini beIum ada di ruang perawatan.
Tujuan: untuk mengetahui gambaran intervensi keperawatan sebeIum peIaksanaan transfusi darah di RSUD Dr. Murjani Sampit
Metode: Penelitian deskriptif yang dilakukan pada perawat yang melakukan intervensi keperawatan sebelum transfusi darah berjumlah 74 responden. Peneltiian dilakukan dari tanggal 12 Juli sampai dengan 27 Agustus 2018 dilakukan observasi kepada perawat dengan menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data menggunakan tabel distribusi frekuensi dan proporsi.
Hasil: HasiI peneIitian didapatkan bahwa sebagian besar perawat yang berdinas di ruang BougenviIIe (Penyakit daIam), Seruni (Kandungan), dan seroja (Bedah) RSUD Dr. Murjani Sampit cukup baik meIakukan intervensi keperawatan sebeIum pemasangan transfusi darah yaitu sebanyak 74,3 % dari totaI responden.
Diskusi: Intervensi keperawatan sebelum pemasangan transfusi darah penting dilakukan oleh perawat agar menjaga kualitas darah yang masuk ke dalam tubuh pasien terjamin dan efektif daam meningkatkan kadar hemoglobin pasien.
Kata kunci: darah, intervensi sebelum transfusi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI