DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KANDUNGAN FRAKSI SERAT SILASE BATANG PISANG KEPOK (Musa paradisiaca acuminata balbisiana) YANG DIBERI EFFECTIVE MICROORGANISM 4 (EM4) PADA LEVEL YANG BERBEDA
PENGARANG:MUHAMMAD IMAM PURWAKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-30


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian Effective Microorganism 4 (EM4) pada lima level yang berbeda terhadap variasi kandungan fraksi serat dalam silase batang pisang Kepok menggunakan rancangan acak lengkap dan analisis ragam. Lima level EM4 yang digunakan adalah kontrol (0%), P1 (4%), P2 (6%), P3 (8%), dan P4 (10%) dari berat bahan segar. Metode eksperimental ini menerapkan rancangan acak lengkap untuk masing-masing perlakuan. Hasil analisis ragam menunjukkan perbedaan yang nyata (p<0,05) dalam kandungan fraksi serat, seperti NDF, ADF, Hemiselulosa, Selulosa dan Lignin. Penambahan EM4 pada beberapa level tertentu menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kandungan fraksi serat tertentu, sementara pada level lainnya, terdapat penurunan yang bermakna. Temuan ini menunjukkan bahwa level EM4 yang berbeda secara signifikan memengaruhi komposisi fraksi serat dalam silase batang pisang Kepok.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan EM4 dengan level berbeda berpengaruh nyata (p<0,05) mampu mendegradasi NDF,ADF, Hemiselulosa, Selulosa serta kandungan Lignin. Penambahan EM4 yang optimal untuk mendapatkan hasil yang terbaik adalah penambahan 10% EM4 mampu menurunkan NDF (66,23%), ADF (54,15%), Hemiselulosa (12,08%), Selulosa (21,20%), dan Lignin (1,77%).

 

Kata kunci : Batang Pisang Kepok, Effective Microorganism 4 (EM4), Rancangan Acak Lengkap, Analisis Ragam, Fraksi Serat, Silase.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI