DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN HIMA DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BERORGANISASI MAHASISWA DI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN
PENGARANG:SITI MARIAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-30


Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FKIP ULM adalah himpunan mahasiswa yang berada di bawah naungan Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP ULM. Pada periode kepengurusan 2022-2023 HMPS FKIP ULM mengalami pengurangan jumlah pengurus. Pada periode 2021-2022 HMPS FKIP ULM memiliki total 66 pengurus dan pada periode 2022-2023 berkurang menjadi 42 pengurus. Kemudian, periode 2022-2023 pengurus HMPS FKIP ULM dari angatan 2020 berkurang sebanyak 12 pengurus, yang awalnya di periode 2021-2022 berjumlah 27 pengurus menjadi 15 pengurus. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) Untuk menemukan gambaran struktur Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi, (2) Untuk menemukan Peran HMPS FKIP ULM dalam mengembangkan minat berorganisasi mahasiswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik Purposive Sampling. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, triangulasi teknik, sumber dan waktu.

Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada beberapa hal yang dapat menggambarkan struktur HMPS FKIP ULM, yaitu: a) Jenjang Kepengurusan, kemudian b) Struktur Kepengurusan, dan c) Program Kerja. (2) HMPS FKIP ULM memiliki peran dalam mengembangkan minat berorganisasi mahasiswa dengan beberapa cara, yaitu: a) Menjalankan jobdesk, b) Menampung Aspirasi, c) Memotivasi Mahasiswa, dan d) Mempromosikan HMPS FKIP ULM.

Penulis memiliki saran untuk (1) Dewan Pengurus HMPS FKIP ULM agar terus meningkatkan peran dalam meningkatkan minat berorganisasi, (2) Kemudian untuk Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Universitas Lambung Mangkurat diharapkan selalu memberikan dukungan, bimbingan dan kerja sama kepada HMPS FKIP ULM.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI