DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI KECAMATAN CEMPAKA KOTA BANJARBARU
PENGARANG:RAEHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-30


ABSTRAK

 

Raehana, 1910416320056, 2023 “Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru”. Dibimbing oleh Dr. Nasruddin, M.Sc.).

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan pengetahuan kebencanaan dan sikap kesiagaan masyarakat (2) menganalisis respon masyarakat, kesiapan, dan tingkat tindakan terhadap bencana banjir.

Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan variabel secara apa adanya didukung dengan data-data berupa angka yang dihasilkan dari keadaan sebenarnya. Pengumpulan data melalui observasi lapangan, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data berupa uji untuk mendeskripsikan kondisi sebenarnya berupa alat bukti dengan menggabungkan beberapa data terhadap sumber informasi terkait pengumpulan data lapangan di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sangat disayangkan dan sering terjadi di Indonesia. Dalam studi ini, bahwa tingkat pengetahuan dan sikap kesiapsiagaan masyarakat Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru terhadap bencana banjir umumnya berada pada kategori iya/siap. Perbedaan sikap kesiapsiagaan terlihat pada tingkat bahaya banjir, menunjukkan variasi dalam respons masyarakat, tingkat pengetahuan dan pengalaman masyarakat memiliki dampak signifikan terhadap sikap kesiapsiagaan. Respons yang cepat dan tepat dari masyarakat juga diindikasikan oleh pengalaman pribadi mereka terkait banjir di wilayah tempat tinggal mereka, yang memperkuat pengetahuan, kesiapan, dan tindakan mereka dalam menghadapi bencana.

 

Kata Kunci: Bencana Banjir, Kesiapsiagaan Masyarakat, Kebijakan Pemerintah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI