DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 MARABAHAN
PENGARANG:ELSA SURIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-18


Elsa Suriyani A1A313217. 2018. Pembelajaran Kewirausahaan Di SMK Negeri 1
Marabahan Ajaran 2017-2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Ekonomi,FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I)
Dr. Hj. Sri Setiti, MM dan Pembimbing (II) Monry Fraick Nicky Gillian
Ratumbuysang,M.Pd.
Peneliti menemukan masalah pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Marabahan,
yaitu kurangnya diberikan pembelajaran praktek kewirausahaan kepada siswa kelas XII.
Peneliti menemukan masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya praktek pembelajaran
kewirausahaan yang diberikan guru kepada kepada siswa sehingga yang lebih banyak
diberikan kepada siswa adalah pembelajaran teori kewirausahaan. Tujuan penelitian ini
adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pembelajaran teori kewirausahaan pada
pembelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Negeri 1 Marabahan (2) untuk
mengetahui bagaimana praktek kewirausahaan pada pembelajaran kewirausahaan siswa
kelas XII SMK Negeri 1 Marabahan. (3) untuk mengetahui bagaimana pembelajaran teori
dan praktek kewirausahaan pada pembelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK
Negeri 1 Marabahan.
Desain penelitian menggunakan metode deskriptif asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1
Marabahan yang berjumlah 222 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil
menggunakan teknik Proportional Random Sampling yaitu sebanyak 143 siswa. Teknik
pengumpulan data berupa tes pilihan ganda dan kuesioner angket dokumentasi dan
observasi. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan uji reabilitas angket.
Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas dengan teknik analisa
data menggunakan analisis deskkriptif,analisis regresi berganda,koefisien regresi parsial
dan koifesien regresi secara parsial bersama-sama (uji F).
Hasil penelitian menunjukkan nilai r hitung sebesar 0,171 dan signifikansi 0,42
jadi dapat disimpulkan rhitung 0,171>rtabel 0,164 dengan nilai sig 0,171<0,05 artinya tidak
terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Teori Kewirausahaan (X1)
terhadap Pembelajaran Kewirausahaan (Y). r hitung sebesar 0,809 dan signifikansi 0,00
jadi dapat disimpulkan rhitung 0,809>rtabel 0,164 dengan nilai sig 0,00<0,05 artinya terdapat
pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Praktek Kewirausahaan (X2)
terhadap Pembelajaran Kewirausahaan (Y) nilai F hitung > F tabel = 133,204>3,06 dan
nilai sig. 0,00<0,05, maka dapat disimpulkan Teori Kewirausahaan Kewirausahaan (X1)
dan Praktek Kewirausahaan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Pembelajaran
Kewirausahaan (Y) pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Marabahan. Berdasarkan tabel
4.79 di atas diperoleh angka R2 (R Square) sebesar 0,810 atau 81%. Hal ini menunjukkan
bahwa persentase sumbangan pengaruh secara simultan variabel dependen Teori
kewirausahaan dan Praktek kewirausahaan terhadap variabel independen pembelajaran
kewirausahaan sebesar 81%, sedangkan sisanya sebesar 19% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.

Kata kunci : Pembelajaran Kewirausahaan,pembelajaran teori
kewirausahaan,Praktek kewirausahaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI