DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MOTIVASI BEROLAHRAGA BAGI PARA SANTRI PONDOK PESANTREN RASYIDIYAH KHALIDIYAH AMUNTAI
PENGARANG:M. ZIKRY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-31


M. ZIKRY. 2023. Motivasi Berolahraga Bagi Para Santri Putra PondokPesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Universitas Lambung MangkuratPembimbing I. Dr. H. Sarmidi, M.Kes., AIFO. PembimbingII.Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi seberapa besarmotivasi santri dalam melakukan kegiatan berolahraga dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala santri pondok pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai sehinggakurangtermotivasi untuk melakukankegiatanberolahraga.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah sekitar 78% santri pondok pesantrenpesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai lebih tepatnya 200 santri dari 255 santri yang ada. Teknik pengambilansampel dalam penelitian ini adalah accidental sample, yaitu tidak semua individudalampopulasidiberipeluangyangsamauntukditugaskanmenjadianggotasampel,misalnyahanyaindividu-individuataugrup-grupyangkebetulandijumpaisajayangditeliti.Penelitianinimenggunakandeskriptifpresentasedengan pengambilan data di Pondok Pesantren pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai. Pengambilandata diperoleh dengan angket (kuesioner) dan sumber data berasal dari individu-individu yang ditemui saja. Selanjutnya data yang diperoleh dari angket dianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptifpresentase.Prosedurpenelitianyangdilakukanadalahpersiapan, pelaksanaanpenelitiandan pengambilandata.

 

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data, motivasi intrinsik pada faktorkebutuhan fisiologis dengan indikator memelihara kesehatan sebesar 89,75% danindikatorkebutuhansebesar83,60%.Kemudianfaktorkebutuhanrasaamandenganindikatorterhindardaripenyakiitsebesar81,10%.Kemudianfaktorkebutuhanakanaktualisasidiridenganindikatormenyalurkanenergisebesar80,84% dan indikator untuk latihan sebesar 85,54%.Untuk motivasi ekstrinsikpadafaktorkebutuhansosialdenganindikatorberhubungandengankonsepsebesar 82,52% dan indikator berhubungan dengan orang lain sebesar 77,35 %.Kemudian faktor kebutuhan akan penghargaan dengan indikator mencapai hasilsebesar72,27%.

 

Simpulan yang diperoleh yaitu motivasi berolahraga para santri pondokpesantren pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai berada dalam kategori sangat tinggi dan faktor yang menjadikurangnyamotivasisantridalamberolahragayaitukurangnyadukungandaripihak pengurus pondok pesantren pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai dalam menunjang segala sesuatunyayang berkaitan dengan kegiatan olahraga, tata tertib yang diterapkan dipondokpesantren pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai masih belum mengarah ke bidang olahraga, kurangnya bahkan masih sangat minimnya pengetahuan santri dalam keolahragaan. Oleh karena itudisarankan agar yayasan pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai memberikan dukungan yang penuh kepada parasantridengansalahsatunyameningkatkanfasilitasatausaranadanprasaranaolahraga di lingkungan wilayah pondok pesantren pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai. Selain itu, Kepadapara santri agar lebih senang dalam melakukan aktivitas olahraga dan membinaaktifolahragaagarolahragamenjadisalahsatualternatifyangmemberikansumbanganyangnyataterhadappencapaiankualitashidup yangsehatdan bugar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI