DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA MATA PELAJARAN IPA DI SMP
PENGARANG:QATRINA ALIFA ZAHRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-01


Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Tata Surya di SMP Negeri 9 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan model pengembangan 4D yang memiliki empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, hasil pretest, dan hasil posttest yang selanjutnya hasil data yang di dapat kemudian dianalisis berdasarkan kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) berdasarkan penilaian para ahli tingkat validitas modul ajar rata-rata sebesar 88% dengan demikian modul ajar masuk dalam kategori sangat layak dan dinyatakan dapat digunakan; (2) tingkat kepraktisan berdasarkan skor angket respon peserta didik terhadap modul ajar rata-rata sebesar 82% dengan demikian skor tersebut masuk dalam kategori sangat praktis dalam penggunaannya; (3) tingkat keefektifan modul ajar yang diperoleh dari hasil perhitungan n-gain sebesar 0,682. Nilai tersebut masuk pada kategori sedang dan menunjukkan bahwa penggunaan modul ajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI