DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA KECAMATAN ANJIR MUARA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:NURHALIZA SOPHIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-01


Pengembangan Desa Wisata di Kecamatan Anjir Muara memiliki permasalahan yaitu masyarakat lokal belum mampu memanfaatkan dan mengelola potensi sumber daya yang ada sebagai potensi desa wisata tersebut. Kegiatan wisata di wilayah tersebut belum dapat memberikan pengalaman yang identik akan desa wisata tersebut kepada wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan yang sesuai dengan kondisi di Desa Wisata Kecamatan Anjir Muara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Populasi dalam penelitian ini ialah wisatawan. Teknik pengambilan sampel di Desa Wisata Kecamatan Anjir Muara menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah 96 wisatawan. Analisis data menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui strategi pengembangan yang sesuai dengan kondisi yang ada di Desa Wisata Kecamatan Anjir Muara

Hasil penelitian menunjukkan ketiga desa wisata tersebut memiliki posisi strategis yang mendukung strategi agresif, yaittu strategi yang memanfaatkan potensi yang ada untuk meraih peluang sebesar-besarnya. Hasil analisis SWOT menunjukkan strategi yang sesuai dengan kondisi di Desa Marabahan Baru yaitu mengembangkan agrowisata dengan menunjukkan budaya usaha tani masyarakat setempat. Strategi yang sesuai untuk Desa Anjir Serapat Muara ialah dengan mengembangkan paket wisata susur sungai ke taman buah lokal dan taman konservasi mangrove. Strategi yang sesuai untuk Desa Anjir Serapat Muara I ialah dengan memanfaatkan akses jalan yang mudah dan keberadaan dermaga sebagai peluang untuk masyarakat menawarkan kegiatan wisata susur sungai.

Kata Kunci : strategi, pengembangan, desa wisata

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI