DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR SEKAM DAN PUPUK KANDANG AYAM DI TANAH GAMBUT TERHADAP KETERSEDIAAN HARA NPK DAN PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI
PENGARANG:SITI HARTINA NURIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-01


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian biochar sekam dan pupuk kandang ayam di tanah gambut terhadap ketersediaan hara NPK dan pertumbuhan tanaman sawi. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor. Faktor pertama yaitu: Faktor biochar sekam padi dengan dosis S0 = kontrol (tanpa biochar sekam), 0 ton ha-1; S1 = biochar sekam 6 ton ha-1; S2 = biochar sekam 8 ton ha-1 dan faktor kedua yaitu: faktor pupuk kandang ayam dengan dosis A0 = kontrol (tanpa pupuk kandang ayam), 0 ton ha-1; A1 = pupuk kandang ayam 5 ton ha-1; A2 = pupuk kandang ayam 10 ton ha-1. Penelitian dilaksanakan di rumah kaca Ilmu Tanah Fakultas Pertanian. Sedangkan untuk analisis tanah dilakukan di Laboratorium Kimia dan Fisika Tanah Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kombinasi biochar sekam dan pupuk kandang ayam berpengaruh sangat nyata terhadap parameter N-tersedia (N-NH4+ dan N-NO3-), P-tersedia, pH, KTK dan berat kering sawi.

Pemberian perlakuan S2A2 menunjukkan hasil tertinggi terhadap ketersediaan (N-NH4+ dan N-NO3-), P-tersedia, K-tersedia, pH, berat kering dan tinggi tanaman. Pemberian perlakuan S2A1 menunjukkan hasil tertinggi terhadap KTK tanaman sawi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI