DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PROGRAM PELAYANAN PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA UNIT MOBIL SAMSAT KELILING DI UPPD BANJARMASIN II
PENGARANG:NOR ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-01


Nor Annisa, 2010411320042, 2023, Evaluasi Program Pelayanan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Unit Mobil Samsat Keliling Di UPPD Banjarmasin II. Di bawah bimbingan Sugeng Karyadi.

UPPD Banjarmasin II menyediakan inovasi program yang disebut sebagai program unggulan dari UPPD Banjarmasin II salah satunya yaitu Program Pelayanan Unit Mobil Samsat Keliling. Program Pelayanan Unit Mobil Samsat Keliling merupakan salah satu dari beberapa program unggulan di UPPD Banjarmasin II yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat yang ingin membayar PKB 1 Tahun. Setiap Program yang telah dirancang akan di implementasikan sebagaimana mestinya, jika sudah di laksanakan maka perlu adanya sebuah evaluasi guna untuk peningkatan operasional pelayanannya sesuai dengan harapan masyarakat. Evaluasi terhadap program itu sangat perlu baik bagi program yang masih berjalan atau pun yang sudah tidak beroperasi lagi. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Program Pelayanan Pemungutan Pajak Kendaraan  Bermotor Pada Unit Mobil Samsat Keliling Di UPPD Banjarmasin II dan untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Faktor Penghambatnya.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan Kualitatif dengan tipe Deskriptif. Teknik pengambilan data yang peneliti gunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, diolah dengan teknis analisis data seperti, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan model Evaluasi CIPP (Context,Input,Process, dan Product) dalam analisinya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelayanan yang ada di Unit Mobil Samsat Keliling UPPD Banjarmasin II sudah optimal dengan pelayanan yang sederhana dan mempermudah masyarakat dalam pembayaran PKB 1 tahun baik itu roda 2 dan juga roda 4. Namun, tentu memiliki kekurangan, seperti yang ada pada Program Pelayanan Samsat Keliling masih kurangnya pemerataan sarana dan prasarana di setiap titik lokasinya. Faktor pendukung program ini yaitu yang pertama, adanya target penerimaan dari UPPD Banjarmasin II dan yang kedua, antusias dari masyarakat terhadap Program Pelayanan Samsat Keliling. Faktor penghambatnya yaitu, gangguan jaringan dan pemadaman listrik.

Kata Kunci : Evaluasi Program, Program Pelayanan Samsat Keliling

ABSTRACT

Nor Annisa, 2010411320042, 2023, Evaluation of the Motor Vehicle Tax Collection Service Program in Mobile Samsat Car Units at UPPD Banjarmasin II. Under the guidance of Sugeng Karyadi.

UPPD Banjarmasin II provides innovative programs which are said to be the flagship programs of UPPD Banjarmasin II, one of which is the Mobile Samsat Car Unit Service Program. The Mobile Samsat Car Unit Service Program is one of several superior programs at UPPD Banjarmasin II which aims to make it easier for people who want to pay the 1 Year PKB. Every program that has been designed will be implemented as it should be, if it has been implemented then there needs to be an evaluation in order to improve operational services in line with community expectations. Evaluation of the program is very necessary for both programs that are still running or those that are no longer operating. Therefore, the aim of this research is to find out the evaluation of the Motor Vehicle Tax Collection Service Program in Mobile Samsat Car Units at UPPD Banjarmasin II and to find out the Supporting and Inhibiting Factors.

The research method used by researchers is a qualitative approach with a descriptive type. The data collection techniques that researchers used were interviews, observation and documentation. Then, it is processed using data analysis techniques such as data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Researchers used the CIPP (Context, Input, Process, and Product) Evaluation model in their analysis.

The results of the research show that overall the services at the UPPD Banjarmasin II Mobile Samsat Car Unit are optimal with simple services and make it easier for people to pay the 1 year PKB for both 2-wheeled and 4-wheeled vehicles. However, of course it has shortcomings, such as those found in The Mobile Samsat Service Program still lacks equal distribution of facilities and infrastructure at each location point. The supporting factors for this program are first, the target of acceptance from UPPD Banjarmasin II and second, enthusiasm from the community towards the Mobile Samsat Service Program. The inhibiting factors are network disruption and power outages.

Keywords: Program Evaluation, Mobile Samsat Service Program

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI