DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UPPD BANJARMASIN II
PENGARANG:HIJJATIN MARDHATINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-01


 

Hijjatin Mardhatina, 2010411220004. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di UPPD Banjarmasin II”. Di bawah bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari.

Penelitian ini berangkat dari permasalahan tentang kualitas pelayanan yang ada pada kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Banjarmasin II. Masalah yang sering ditemukan masih banyak masyarakat yang mengeluhkan tentang pelayanan yang diberikan pegawai kepada wajib pajak, prosedur administrasi yang terlalu susah, pengurusan berkas yang lambat diproses, waktu penyelesaian yang tidak pasti, dan tidak dipungkiri juga faktor masalah masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor di UPPD Banjarmasin II.

Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Sumber data diambil dari hasil pengisian kuesioner dari responden dan dokumentasi sesuai objek penelitian. Pengolahan data dengan cara uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang mencakup uji normalitas, uji linearitas, kemudian analisis regresi linear sederhana, serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t) dan koefisien determinasi.

Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana dan uji parsial (uji t), menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor di UPPD Banjarmasin II. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05. Variabel independen yang diambil dalam penelitian ini memiliki tingkat pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 79,6% sehingga selebihnya sebesar 20,4% adalah variabel-variabel lain yang tidak dikemukakan dalam penelitian ini. Saran dari penelitian ini mengharapkan agar dapat berguna bagi mahasiswa yang melakukan penelitian serupa atau melakukan penelitian lanjutan atas topik yang sama. Untuk kedepannya untuk variabel bebas bisa ditambahkan lebih dari satu. Karena penelitian ini hanya meneliti satu variabel saja yaitu, kualitas pelayanan yang memengaruhi kepuasan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor di UPPD Banjarmasin II. Sedangkan, masih ada faktor lain yang dapat memengaruhi kepuasan masyarakat.

 

 

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pajak Kendaraan Bermotor, Kepuasan Masyarakat

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI