DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Produktivitas Alat Gali Muat Dan Alat Angkut Pada Coal Getting Di Pt Global Makara Teknik, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:DANIEL APRILYANTO PAKPAHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-02


PT Global Makara Teknik merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, yaitu tambang batubara yang terlokasi di Pinggir kota Rantau, Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. Untukitu,kajianteknisperludilakukanterhadapfaktormanusia,faktoralatdanfaktor alam.Usahapemecahanmasalahinidimaksudkanuntukmeningkatkanproduktivitasalat gali muat dan alat angkut yang digunakan.

Penelitianinidilakukandenganpengumpulandataprimerdandatasekunder serta menggunakan cara seperti observasi kelapangan, menggunakan data perusahaan, studi literatur serta wawancara. Data yang telah diperoleh kemudian dikelompokkan sesuai dengan kegunaannya untuk lebih memudahkan dalam penganalisaan, yang selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel, grafik, atau perhitunganpenyelesaian serta melakukan analisa ketidaktercapaian dan melakukan evaluasi.

Dari data aktual pencapaian target produktivitas alat gali muat72.31% sedangkan pencapaian target produktivitas alat angkut mencapai 53,11%, sehingga diperlukan upaya perbaikan terhadap faktor yang mempengaruhi produktivitas. Kondisi ketidaktercapaian ini dikarenakan effisiensi kurang dari target yakni 63% dari target 88%. Simulasi yang direkomendasikan adalah melakukan management alat mekanis coal getting dengan menambahkan alat gali muat sebanyak 2unit sehingga total alat gali muat menjadi 7 unit, yang kemudian disingkronkan dengan jumlah tersedianya alat angkut sebanyak 15 unit, penambahan unit tersebut memiliki ketercapaian menjadi 101.23 % dan keserasian alat (match faktor) memiliki nilai 1, yang dimana kesingkronan alat gali muat dan alat angkut yaitu 100 % bekerja dengan baik.

Kata-kata kunci: Pencapaian Target, Management Alat, Keserasian Alat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI