DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ALTERNATIF PENENTUAN NILAI UNCONFINED COMPRESSION STRENGTH PADA BATULEMPUNG BERDASARKAN HASIL ESTIMASI DARI NILAI PENGUJIAN POINT LOAD STRENGTH INDEX DAN SCHMIDT HAMMER
PENGARANG:NORFIKRIATUL HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-12


 

Norfikriatul Hasanah :  Alternatif Penentuan Nilai Unconfined Compression Strength Pada Batulempung Berdasarkan Hasil Estimasi Dari Nilai Pengujian Point Load Strength Index dan Schmidt Hammer

 

Uji Point Load dan uji Schmidt Hammer merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk mendapatkan nilai UCS. Pengujian tersebut memberikan data serupa dengan biaya yang lebih rendah dan sederhana sehingga perlu menentukan nilai UCS pada sampel batu lempung, membuat korelasi antara nilai UCS, Point Load Strength Index serta Schmidt Hammer dan menghitung nilai estimasi Point Load Strength Index dan Schmidt Hammer terhadap nilai UCS.

 

Data yang digunakan yaitu data hasil pengujian Schmidt Hammer berupa nilai Rebound Value, data hasil pengujian UCS dan data hasil pengujian PLI yang akan dikorelasikan terhadap nilai rebound value (Schmidt Hammer) dan nilai PLI. Pengujian UCS dilakukan pada dua tempat yaitu pada Laboratorium Teknologi pertambangan dan Laboratorium Struktur dan Material.

 

Dari penelitian ini diperoleh korelasi persamaan empiris batulempung antara UCS Laboratorium Teknologi Pertambangan dan Schmidt Hammer yaitu UCS = 0,9035.SH – 17,0160 ; UCS (MPa) & SH (Rebound Value). Korelasi persamaan empiris batulempung antara UCS Laboratorium Struktur & Material dan Schmidt Hammer UCS = 0,7089.SH – 14,408 ; UCS (MPa) & SH (Rebound Value). Untuk korelasi persamaan empiris batulempung antara UCS Laboratorium Teknologi Pertambangan dan PLI yaitu UCS = 1,4868.PLI + 0,7573 ; UCS (MPa) & PLI (MPa).Persamaan empiris batulempung antara UCS Laboratorium Struktur & material dan PLI yaitu UCS = 1,1094.PLI – 0,4062 ; UCS (MPa) & PLI (MPa).

Kata kunci: Korelasi, UCS, Schmidt Hammer, PLI.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI