DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POTRET KEHIDUPAN PENGEMIS GEROBAK DI JALAN BRIGJEN HASAN BASRI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR AMELIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-02


Noor Amelia Putri, 2023. Potret Kehidupan Pengemis Gerobak di Jalan Brigjen

Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Reski P.

Kata Kunci : Masalah Sosial, Potret Kehidupan, Pengemis Gerobak.

Kota Banjarmasin merupakan salah satu yang tidak luput dari adanya pengemis, keberadaannya dapat dilihat di jalan Brigjen Hasan Basri. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana karakteristik pengemis gerobak di Jalan Brigjen Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin (2) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab munculnya pengemis gerobak di Jalan Brigjen Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling yaitu tedapat 5 informan, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajiaan data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian  keabasahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)  Karakteristik pengemis gerobak di Jalan Brigjen Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin ada 3 yaitu (a) berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh laki-laki (b) berdasarkan usia didominasi oleh usia 60 tahun (c) berdasarkan pendidikan didominasi tingkat SD (2) faktor-faktor penyebab munculnya pengemis gerobak di Jalan Brigjen Hasan Basri Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin ada 4 yaitu (a) faktor tingkat pendidikan, adapun tingkat pendidikannya tidak bersekolah, tidak tamat SD, dan SMP (b) faktor kesempatan kerja karena mempunyai usia yang lanjut serta kurangnya kemampuan (c) faktor ekonomi karena semakin mahalnya kebutuhan pokok demi untuk memenuhi sangan, pandang, dan papan (d) lebih suka menjadi pengemis karena pekerjaan yang paling gampang dilakukan serta setiap harinya bisa mendpatkan uang paling tidak mendapatkan makan.

       Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada pemerintah Kota Banjarmasin yang dibantu oleh Dinas Sosial, dengan pelatihan kepada para pengemis gerobak agar mempunyai pekerjaan yang lebih layak dan keterampilan, sehingga dapat mengubah hidupnya menjadi yang lebih baik tanpa harus menjadi seorang pengemis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI