DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH AUTHENTIC LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI LISTRIK STATIS
PENGARANG:NURJAHID HAKIM ASH SHIDIQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-03


Nurjahid Hakim Ash Shidiqi. 2024. Pengaruh Authentic learning terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP pada Materi Listrik Statis. Pembimbing: (I) Dr. Suyidno, M.Pd.., (II) Dr. Suryajaya, M.Sc. Tech.

 

Keterampilan proses sains menjadi pondasi dasar dalam pembelajaran sains di sekolah, namun keterampilan tersebut kurang dilatihkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh authentic learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMP pada materi Listrik Statis. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design. Populasi penelitian adalah peserta didik di SMPN 5 Simpang Empat. Melalui purposive sampling, dipilih 30 peserta didik kelas IX-A sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas IX-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes Keterampilan Proses Sains, Observasi Pembelajaran, dan wawancara mendalam.

Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan autentik learning maupun pembelajaran konvensional dapat terlaksana dengan baik, namun autentik learning membuat peserta didik lebih aktif dalam memecahkan permasalahan; (2) authentic learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains dibandingkan pembelajaran konvensional, karena nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 84,44 dan 58,89. Selain itu, hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05; yang berarti ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol; dan (3) profil peserta didik dengan keterampilan proses sains rendah adalah kurang motivasi dan konsentrasi dalam proses belajar, kurang menyukai pelajaran IPA, lingkungan sosial dan orang tuanya kurang kondusif untuk belajar; sementara untuk profil peserta didik dengan keterampilan proses yang tinggi adalah punya motivasi, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab yang besar, ketelitian tinggi, dan sangat menyukai pelajaran IPA.

 

Kata Kunci: Authentic learning, listrik statis, keterampilan proses sains

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI