DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POTENSI MIKROALGA Chlorella sp. SEBAGAI AGEN BIOREMEDIASI PENCEMARAN AIR PADA SUNGAI MARTAPURA
PENGARANG:CHATIMATUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-03


Chatimatun Nisa. 2024. Potensi Mikroalga Chlorella sp. sebagai Agen Bioremediasi Pencemaran Air Pada Sungai Martapura. Prof. Meilana Dharma Putra, S.T, M.Sc, Ph.D; Prof. Agung Nugroho, S.TP, M.Sc, Ph.D; Dr. Noor Arida Fauzana, S.Pi, M.Si.

 

 

 

 

 

Mikroalga mempunyai kemampuan untuk menghilangkan unsur hara, logam berat, dan polutan dalam bentuk zat organik. Dengan demikian, mikroalga diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar polutan pada sungai yang terkontaminasi sebagai agen bioremediasi.

 

Tujuan penelitian adalah menganalisis pertumbuhan mikroalga Chlorella sp. pada berbagai variasi konsentrasi mikroalga dan nutrisi, menganalisis kondisi optimum penambahan mikroalga Chlorella sp. dan menghitung efisiensi penurunan parameter pencemar pada air sungai Martapura.

 

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental design yang menggunakan fotobioreaktor dalam menganalisis pertumbuhan mikroalga Chlorella sp. Pada berbagai variasi konsentrasi mikroalga dan nutrisi, menganalisis kondisi optimum penambahan mikroalga Chlorella sp., dan menghitung efisiensi penurunan parameter pencemar.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan mikroalga maksimal diperoleh pada hari ketiga dengan yield biomassa rata-rata sebesar 0,00736 g/L. Penurunan kadar polutan dan efisiensi penurunan pencemaran terbaik terdapat pada perlakuan 10% dengan nutrisi  10,50 mL dan 5,25 mL untuk BOD, perlakuan 10% dengan nutrisi 5,25 mL untuk COD, warna, Cu, Mn dan Pb serta perlakuan 20% dengan nutrisi 5,25%. Untuk TSS dan amonia

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI