DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KORELASI SIKAP DEMOKRATIS GURU DENGAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA DI SMA NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:CHOIRUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-03


Choirunnisa,2024. Korelasi Sikap Demokratis Guru Dengan Sikap Demokratis Siswa Di SMA Negeri Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rabiatul Adawiah.

Kata Kunci : Sikap Demokratis Guru, Sikap Demokratis Siswa

Sikap demokratis merupakan suatu sikap yang ada didalam diri seseorang memiliki kebebasan untuk berkelompok, kebebasan mengemukakan pendapat, kebebasan untuk berpartisipasi, memiliki rasa saling kepercayaan, memiliki rasa suka dalam bekerja sama, saling memiliki rasa toleransi dan saling menghormati antar sesame makhluk hidup.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi sikap demokratis guru dengan sikap demokratis siswa di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Banjarmasin yang berjumlah 1390 orang siswa. Dari populasi tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 311 orang siswa. Data diperoleh dengan teknik kuesioner atau angket yang dibagikan kepada siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 22 dan diolah secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi sikap demokratis guru dengan sikap demokratis siswa yang terlihat pada hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney yaitu sebesar 0,000 < 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru agar bisa memiliki komunikasi dan merangkul siswa yang bertujuan untuk memberikan pengarahan, memberikan contoh dalam bersikap demokratis dalam menciptakan sikap demokratis yang ideal. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI