DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISTIK TANAH GAMBUT PADA SETIAP PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN BARAMBAI
PENGARANG:Saiful Fahmi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-20


INTISARI

Judul dalam penelitian ini adalah “Karakteristik Tanah Gambut Pada Setiap Penggunaan Lahan di Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan”. Penelitian ini bertujuan menganalisis tipe kematangan gambut yang berkembang dan menganalisis dampak penggunaan lahan terhadap karakteristik gambut di Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 4 penggunaan lahan terdiri dari 12 Sampel. Peta penggunaan lahan diperoleh dari peta penggunaan lahan Badan Perencanaan dan Pembagnunan daerah Kabupaten Barito Kuala.

Data primer diperolehkan melalui observasi dilapangan, pengambilan sampel tanah yang akan dianalisis baik secara langsung dan analisis laboratorium. Data  sekunder diperoleh dari studi dokumen dan perpustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode random sampling.

Hasil penelitian gambut pada setiap pengguaan lahan di Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.

Penggunaan lahan di Wilayah Barambai terdapat pH tanah dengan derajat keasaman 5-7 atau agak masam-alkalis, tinggi pH tanah dipengaruhi oleh urugan dari tempat lain di permukiman menyebabkan pH tanah menjadi tinggi seperti pH tipe alkalis. Warna tanah coklat sangat gelap sampai abu-abu, kondisi warna tanah coklat sangat gelap terdap di hampir setiap penggunaan lahan . Tekstur tanah di Wilayah Barambai mempunyai tekstur halus dengan fraksi debu dan banyak mengandung bahan organik tanah karena nilai bobot isi tanah rata-rata tinggi dari 0,47-0,77g/cm3. Fe-larut pada kandungan tanah dengan nilai 167,58-612,49 ppm. Tinggi rendah suatu kandungan Fe-larut di dalam tanah dipengaruhi oleh reaksi reduksi dan oksidasi seperti yang terdapat pada setaip penggunaan . P-total dan K-total mempunyai nilai didominasi oleh tipe rendah-sedang pada setiap penggunaan lahan di Kecamatan Barambai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI