DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Optimalisasi Penggunaan Sumber Daya Alat Berat dengan Metode Resource Levelling Menggunakan Bantuan Microsoft Project (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jalan Alternatif ke Makam Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari)
PENGARANG:JASMINE SABIYA ZAFIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-05


ABSTRAK

Makam Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari merupakan wisata religi yang terkenal di daerah Kalimantan Selatan. Pada tahun 2023 dilakukan pembangunan lanjutan jalan alternatif menuju ke wisata tersebut karena jalan yang ada sebelumnya memiliki jarak tempuh yang jauh dan waktu tempuh yang lama. Akan tetapi dalam pembangunannya mengalami kendala oleh karena itu akan dilakukan penelitian apakah dengan jumlah alat berat yang ada proyek ini akan selesai tepat waktu atau mengalami kemunduran.

Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu pengumpulan data-data yang didapat dari pihak yang berkaitan dengan proyek Pembangunan Jalan Alternatif ke Makam Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari. Untuk analisis dilakukan pada sumber daya terbatas dan sumber daya tak terbatas. Dari data yang didapatkan akan diolah menggunakan software Microsoft Project dan dilakukan resource levelling. Setelah itu akan didapatkan histogram alat berat yang ideal.

Setelah dilakukan resource levelling pada software Microsoft Project, untuk sumber daya terbatas mengalami kemunduran waktu dari 270 hari pelaksanaan menjadi 401 hari pelaksanaan sedangkan pada sumber daya tak terbatas proyek selesai dengan tepat waktu yaitu 270 hari pelaksanaan dan dilakukan penambahan alat berat dari jumlah alat berat yang ada di lapangan berdasarkan data yang didapatkan dari pihak terkait.

Kata Kunci: Resource Levelling, Alat Berat, Microsoft Project.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI