DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Perbedaan Latar Belakang Pendidikan Menengah Atas Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Pada Persamaan Dasar Akuntansi (Studi Empiris: Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat)
PENGARANG:SITI FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-20


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan latar belakang Pendidikan Menengah Atas berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi pada persamaan dasar akuntansi, yaitu mengenai makna aset, makna liabilitas dan makna ekuitas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa S-1 Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kausal- komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Akuntansi Reguler A semester 1 angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat, adapun metode sampel yang digunakan adalah metode nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Alat analisis yang digunakan meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif serta uji hipotesis yang menggunakan alat uji Analysis Of Variance (ANOVA).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman terhadap konsep persamaan dasar akuntansi yang diproksikan dengan aset, liabilitas, dan ekuitas antara mahasiswa yang berasal dari Pendidikan Menengah Atas yang berbeda yaitu SMK Jurusan Akuntansi, SMA Jurusan IPS, dan SMA Jurusan IPA tidak memiliki perbedaan yang signifikan sehingga bisa dikatakan mempunyai penilaian yang hampir sama.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI