DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOSS) DI LINGKUNGAN SEKOLAH WILAYAH (Km.15 dan Km.16) GAMBUT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:EMA AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-05


Evaluasi penerapan ZonaSelamatSekolah(ZOSS)perludilakukan,agarperilakupenyeberangjalandanperilakupengantar dapat diketahui,apakah sudah berperilaku selamat atau belum selamat.ApakahZonaSelamatSekolahtersebutsudahefektifdalampenerapannya ataubelum. SMPNegeri1Gambutberlokasidipinggirjalanutamasehinggadipilih menjadi lokasi penelitian karena di depan sekolah ini terdapat Zona Selamat Sekolah(ZOSS)yang perlu untukdievaluasi. Sedangkan untuk sekolah MTSN 1 Gambut, SMKN 1 Gambut, MIN 10 Banjar, TK Mawar Gambut dan SMA 1 Gambut berlokasi dipinggir jalan utama tetapi tidak terdapat Zona Selamat Sekolah (ZOSS) lokasi ini juga menjadi lokasi penelitian.

Penelitian dilakukan yaitu berupa survei volume lalu lintas (LHR),survei kecepatan kendaraan, survei hambatan samping dan survei lebar jalan serta bahu jalan. Perhitungan menggunakan metode regresi linier berganda. Dari hasil perhitungan didapatkan kecepatan di 6 sekolah yang berbeda, dimana kecepatan pada sekolah SMKN 1, MIN 10 Banjar, TK Mawar Gambut dan SMA 1 Gambut memiliki kecepatan tertinggi yaitu 32.61 km/jam dibanding sekolah MTSN 1 memiliki kecepatan tertinggi 18.35 dan SMPN 1 memiliki kecepatan tertinggi 24.86 km/jam. ZOSS memiliki dampak yang signifikan pula terkait dengan kecepatan karena merupakan salah satu hambatan samping pada jalan yang memiliki karakteristik dengan banyak parameter. Sedangkan wilayah yang tidak ada ZOSS belum efektif dan tidak stabil.

Katakunci:Kecepatan; Analisis Kinerja Arus Lalu Lintas; Zona Selamat Sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI