DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SOLIDARITAS KELOMPOK SOSIAL (STUDI PADA BARISAN PEMADAM KEBAKARAN (BPK) INDRAPURA DI KELURAHAN TELAWANG KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:THURFAH MAULIDA HAFSHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-05


Thurfah Maulida Hafshah, 2023. Solidaritas Kelompok Sosial (Studi Pada Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Indrapura di Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin). Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing: Yuli Apriati

 

Kata Kunci: Solidaritas Sosial, Motivasi Kerja, Barisan Pemadam Kebakaran

 

Sebagai seorang damkar atau BPK memiliki tanggung jawab yang besar dan perlu adanya kerja sama yang baik antar sesama anggota. Dalam menjalankan tugasnya mereka tentu akan berhubungan dan saling berinteraksi antar sesama anggota. Hal itu berhubungan dengan  usaha apa yang mereka lakukan agar terus dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan tetap menjaga interaksi sosial antar sesama anggota dan makin menguatnya solidaritas diantara anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menemukan cara menjaga dan membangun solidaritas antar anggota Barisan Pemadam Kebakaran Indrapura; (2) Menemukan gambaran motivasi kerja para anggota Barisan Pemadam Kebakaran Indrapura.

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan informan sesuai kriteria berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik redukasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Cara menjaga dan membangun solidaritas para anggota Barisan Pemadam Kebakaran Indrapura yakni dengan menjaga dan menjalin komunikasi, saling tolong menolong, adanya pembinaan, adanya sanksi, dan mengikuti kegiatan bersama-sama; (2) Gambaran motivasi kerja para anggota Barisan Pemadam Kebakaran Indrapura hingga akhirnya memutuskan bergabung dan bertahan dalam Barisan Pemadam Kebakaran Indrapura yaitu muncul karena adanya motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik. Motivasi intrinsik pada anggota Barisan Pemadam Kebakaran Indrapura berasal dari dalam dirinya sendiri yakni keinginan diri sendiri dan a perasaan bangga. Sedangkan pada motivasi ektrinsik yang berasal dari luar individu yakni karena lingkungan pertemanan dan dukungan dari para senior. 

Berdasarkan hasil penelitian disarankan 1) bagi Barisan Pemadam Kebakaran Indrapura Barisan Pemadam Kebakaran Indrapura, diharapkan selalu mempertahankan solidaritas mereka dan terus membantu serta memberikan yang terbaik bagi masyarakat, 2) bagi Masyarakat, diharapkan dapat memberikan dukungan yakni dengan memberikan sumbangan atau iuran pada Barisan Pemadam Kebakaran, 3) bagi Pemerintah khususnya Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, diharapkan pemerintah dapat memberikan program-program yang menunjang kinerja  para Barisan-Barisan Pemadam Kebakaran Swasta serta pemberian apresiasi kepada Barisan-Barisan Pemadam Kebakaran Swasta.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI