DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KUESIONER KEPUASAN MAHASISWA PADA PELAYANAN AKADEMIK DI JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP ULM MENGGUNAKAN RASCH MODEL
PENGARANG:NILA RATANA SANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-05


Nila Ratana Santi, 2023. Analisis Kepuasan Mahasiswa Pada Pelayanan Akademik di Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP ULM Menggunakan Rasch Model. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing: Prof. Dr. H Suratno, M. Pd).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi mengenai tingkat validitas dan kualitas instrumen kuesioner pelayanan Akademik Di Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini ditujukan kepada alat ukur kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik dengan jumlah subjek sebanyak 4 item (butir pertanyaan dalam kuesioner pelayanan akademik) yang direspon oleh Mahasiswa sebanyak 576 responden pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 angkatan 2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa berdasarkan analisis validitas menggunakan rasch model bahwa dari 4 item yang dianalisis terdapat 3 item yang dinyatakan valid yaitu item “fasilitas pelayanan akademik yang tersedia”, “tingkat kehadiran tenaga akademik”, dan “pelayanan tenaga akademik”. Sedangkan 1 item dinyatakan tidak valid, yaitu item “jam/waktu pelayanan akademik”. Hasil yang di dapat dilihat dari Tingkat Kualitas Instrumen Pelayanan Akademik tiap item yang menjadi alat ukur kepuasan mahasiswa pada pelayanan akademik dapat di tarik kesimpulan bahwa berdasarkan analisis tingkat item bias yang diukur untuk keseluruhan program studi masih terdapat item yang mengalami bias . akan tetapi, berdasarkan analisis item bias untuk perbandingan antara setiap progam studi yang dinyatakan bahwa semua item tidak mengalami  bias sehingga dapat dinyatakan bahwa kualitas item-item pengukur kepuasan mahasiswa pada pelayanan akademik baik.

Kata kunci : Validitas , Kualitas, Kuesioner Pelayanan Akademik, Rasch Model

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI