DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS ASSESMENT PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA TEMA SUARA DEMOKRASI DENGAN MENGGUNAKAN TES LISAN DI MAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MAULIDA RAIHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-06


Penilaian tes lisan pada kurikulum merdeka memiliki rubrik penilaian yang berbeda-beda disetiap sekolah, karena pada kurikulum ini pendidik diharuskan untuk membuat rubrik penilaian sendiri agar dapat mengevaluasi pengetahuan peserta didik. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tidak adanya panduan dari pemerintah mengenai rubrik dan instrumen penilaian, hal ini perlu digali lebih mendalam guna dapat diketahui bagaimana solusi terbaik untuk mengetahui bagaimana penerapan assesment P5 pada tema suara demokrasi dengan menggunakan tes lisan di MAN 3 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses, pelaksanaan dan hambatan yang terjadi saat pelaksanaan P5 dengan tema suara demokrasi menggunakan tes lisan pada proyek infografis dikelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat dari pada assesment proyek penguatan profil pelajar  pancasila (P5) pada tema suara demokrasi dengan menggunakan tes lisan di MAN 3 Banjarmasin : (1) proses pelaksanaan P5 dengan tema suara demokrasi menggunakan tes lisan pada proyek infografis memerlukan beberapa persiapan diantaranya menentukan tema P5, membuat konsep besar, menentukan jadwal pelaksanaannya, membagi jobdes dengan tim P5 dan membuat rubrik penilaian (2) pelaksanaan penilaian P5 pada proyek infografis terdapat 2 tahapan yakni penilaian proses (individu) dan penilaian presentasi (kelompok) (3) hambatan yang terjadi yakni tidak adanya pedoman yang diberikan oleh pemerintah, guru pendamping dan siswa kurang memahami pelaksanaan kegiatan P5. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu proses pelaksanaan P5 memerlukan persiapan yang panjang; pelaksanaan penilaian P5 dilakukan dengan 2 tahapan; dan hambatan yang terjadi kurangnya pemahaman terkait pelaksanaan P5. Disarankan kepada pihak sekolah agar memberikan pelatihan kepada tim P5 dan guru pendamping agar dalam pelaksanaan kegiatan P5 semua guru dapat memahami jobdesc yang sudah dibagikan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI