DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DENGAN PONDASI TIANG BOR (BORED PILE) DI BAGIAN MENARA (STUDI KASUS JEMBATAN GANTUNG DESA HAPALAH, KABUPATEN TABALONG PROVINSI KALIMANTAN SELATAN)
PENGARANG:MUHAMMAD FERDIANNOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-06


Dalam merencanakan pondasi tiang pancang dan tiang bor pada konstruksi jembatan gantung, terdapat beberapa faktor yang harus diperhitungkan. Faktor-faktor ini nantinya akan berpengaruh pada jumlah maupun mutu bahan yang akan digunakan pada konstruksi tersebut. Salah satu faktor yang vital yang harus diperhitungkan dalam konstruksi jembatan gantung adalah perencanaan fondasi yang harus sesuai dengan keadaan tanah di lokasi dibangunnya  jembatan gantung tersebut. Hal ini dikarenakan fondasi merupakan struktur bagian paling bawah dari suatu konstruksi yang memiliki fungsi untuk menopang dan meneruskan beban konstruksi di atasnya ke lapisan tanah pendukung yang berada di bawah fondasi.

Pada perancangan ini permodelan struktur jembatan gantung dengan bentang jembatan gantung 100 m akan dilakukan menggunakan bantuan program aplikasi SAP–2000 dengan nilai pembebanan yang menggunakan berbagai peraturan yang sesuai. Fondasi tiang pancang dan tiang bor yang direncanakan menggunakan ukuran yang sama yaitu diameter 0,50 m. Hasil analisis pada reaksi perletakan pada struktur atas akan ditambahkan dengan berbagai beban ataupun gaya dari struktur bawah yang kemudian nilai tadi akan menjadi acuan dalam perhitungan daya dukung, penurunan, kontrol stabilitas, dan penulangan.

Berdasarkan hasil analisis, fondasi tiang pancang dengan 15 buah tiang pancang berdiameter 50 cm seluruh nilai daya dukung memenuhi syarat aman, penurunan masih di dalam batas aman sesuai syarat SNI, dan kontrol stabilitas aman sehingga fondasi tiang pancang dapat dinyatakan aman. Serta pada seluruh variasi fondasi tiang bor 15 buah tiang pancang berdiameter 50 cm seluruh nilai daya dukung memenuhi syarat aman, penurunan masih di dalam batas aman sesuai syarat SNI, dan kontrol stabilitas aman sehingga fondasi tiang bor dapat dinyatakan aman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI