DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Hubungan Volume Lalu Lintas Dengan Kebisingan Pada Simpang Tiga Bersinyal Jalan Ahmad Yani Km 2 Simpang Tiga Kuripan
PENGARANG:WAHYUDI HARSA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-07


ANALISIS HUBUNGAN VOLUME LALU LINTAS DENGAN KEBISINGAN PADA SIMPANG TIGA BERSINYAL JALAN AHMAD YANI KM 2 SIMPANG TIGA KURIPAN KOTA BANJARMASI

Oleh: Wahyudi Harsa, Pembimbing: Dr. Muhammad Arsyad, S.T., M.T., Co Pembimbing: Nova Widayanti,    M.T.

 

Meningkatnya arus lalu lintas di Kota Banjarmasin khususnya pada persimpangan Jalan A. Yani Km 2 Simpang Tiga Kuripan, selain mengakibatkan kemacetan juga berdampak pada polusi udara dan kebisingan. Pertumbuhan transportasi yang cepat dan penggunaan mesin-mesin yang lebih besar dan berkekuatan dimana-mana menghasilkan kebisingan yang tidak dapat diabaikan dari kehidupan kita dan merupakan bahaya yang serius untuk kehidupan.Dengan melihat besarnya arus lalu lintas pada kawasan tersebut menghasilkan tingkat kebisingan yang cukup tinggi hingga perlu diadakan penelitian untuk mengetahui secara pasti kebisingan yang ditimbulkan oleh arus lalu lintas tersebut.

Untuk mengevaluasi lampu lalu lintas pada persimpangan Jalan A. Yani Km 2 Simpang Tiga Kuripan diperlukan data-data seperti data survey lapangan dan pengamatan. Data-data keadaan seperti data geometrik jalan, data volume lalu lintas, dan data hambatan samping. Untuk mengetahui kebisingan diperlukan data kebisingan. Prosedur pengolahan data yang mencakup kapasitas jalan, derajat kejenuhan, penentuan phase simpang, perhitungan waktu sinyal, dan waktu siklus.

Untuk mengetahui tingkat kebisingan dan Volume lalu lintas pada Jl. A. Yani Km 2  Simpang Tiga Kuripan. Maka didapatkan nilai derajat kejenuhan pada pendekat Jl. Kuripan sebesar 0,228, pada pendekat arah luar kota Jl. A. Yani sebesar 0,977, dan pada pendekat arah dalam kota Jl. A. Yani sebesar 0,351. Kemudian didapatkan juga data tingkat kebisingan puncak pada pendekat Jl. Kuripan sebesar 76,80 dB, pada pendekat arah luar kota Jl. A. Yani sebesar 83,38 dB, dan pada pendekat arah dalam kota Jl. A. Yani sebesar 81,72 dB.

 

Kata Kunci: Kapasitas, DS, Simpang Tiga Bersinyal dan Kebisingan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI