DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBUKTIAN REKAMAN CCTV SEBAGAI ALAT BUKTI PENYIDIKAN
PENGARANG:DWI REZA SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-07


Dwi Reza Saputra , Desember 2023, PEMBUKTIAN REKAMAN CCTV SEBAGAI ALAT BUKTI PENYIDIKAN, Skripsi, Program Sarjana, Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, 60 halaman. Pembimbing Dr. Hj. Noor Hafidah, S.H., M.Hum.

ABSTRAK

 

Manipulasi atau pemalsuan rekaman CCTV juga menjadi perhatian penting. Pelaku kejahatan atau pihak yang terlibat dalam suatu kejadian kriminal dapat mencoba memanipulasi atau memalsukan rekaman CCTV untuk mengubah fakta atau menyembunyikan bukti yang merugikan mereka. Kemungkinan adanya rekayasa ataueditan pada rekaman CCTV memperumit keandalan dan validitas bukti tersebut, sehingga memerlukan analisis forensik yang cermat dan keahlian khusus untuk mengungkapkan adanya manipulasi atau pemalsuan.

Rekaman CCTV yang telah diedit dapat menghadirkan sejumlah permasalahan hukum. Secara umum, mengedit rekaman CCTV dengan niat menyesatkan dapat dianggap sebagai manipulasi bukti dan pelanggaran integritas hukum, hal ini bisa mengakibatkan ketidaksahteraan hukum terhadap pihak yang melakukan pengeditan tersebut.

Kata Kunci : CCTV, Pembuktian, Penyidikan

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI