DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENGHAPUSAN ASET TETAP BERUPA KENDARAAN DINAS MELALUI PENJUALAN LELANG PADA PEMERINTAH KOTA BANJARBARU BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 19 TAHUN 2016
PENGARANG:NUR HALIZAH ADELLA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-07


Nur Halizah Adella Putri (2023). Implementasi Penghapusan Aset Tetap Berupa Kendaraan Dinas Melalui Penjualan Lelang Pada Pemerintah Kota Banjarbaru Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016. Pembimbing: Ayu Oktaviani.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penghapusan aset tetap berupa kendaraan dinas melalui penjualan lelang di Pemerintah Kota Banjarbaru berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan orientasi deskriptif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti wawancara dan dokumentasi. Analisis data mencakup proses mengumpulkan data, menganalisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Pemkot Banjarbaru untuk menghentikan penggunaan kendaraan dinas telah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016. Meski demikian, pada tahap pelaksanaan masih terdapat kendala seperti ketidakakuratan registrasi data kendaraan. oleh otoritas setempat atau oleh individu yang mengangkut barang, serta ketika kendaraan dinas tidak memiliki dokumentasi yang memadai. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjarbaru mengambil langkah untuk mengatasi tantangan tersebut, seperti membenahi ketidakakuratan pendokumentasian kendaraan dinas dan membuat surat keterangan kendaraan dinas yang tidak lengkap surat menyuratnya.

Kata Kunci: Penghapusan, Kendaraan dinas, Permendagri Nomor 19 Tahun 2016.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI