DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESADARAN MASYARAKAT PADA LINGKUNGAN BERDASAR PERSPEKTIF KEWARGANEGARAAN EKOLOGIS DI BANTARAN SUNGAI DESA TATAH ALAYUNG KECAMATAN MANDASTANA
PENGARANG:SITI MAHMUDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-08


ABSTRAK

Siti Mahmudah. 2024. Kesadaran Masyarakat pada Lingkungan Berdasar Perspektif Kewarganegaraan Ekologis di Bantaran Sungai Desa Tatah Alayung Kecamatan Mandastana. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Mariatul Kiptiah.

Kata kunci : Kesadaran, Kewarganegaraan Ekologis, Bantaran Sungai

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya kesadaran masyarakat bantaran sungai Desa Tatah Alayung Kecamatan Mandastana, masyarakat memiliki kesadaran dan motivasi yang rendah dalam hal menjaga dan merawat lungkungan sungai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesadaran masyarakat pada lingkungan berdasar perspektif Kewarganegaraan Ekologis bagi masyarakat bantaran sungai di Desa Tatah Alayung Kecamatan Mandastana dengan tiga indikator yaitu Pengetahun, Sikap dan Perilaku.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapat kesadaran masyarakat pada lingkungan berdasar perspektif Kewarganegaraan Ekologis bagi masyarakat bantaran sungai di Desa Tatah Alayung Kecamatan Mandastana : (1) Pengetahuan masyarakat diperoleh dari hasil kegiatan sosialisasi yang pernah beberapa kali diadakan bertempat di Desa Tatah Alayung dan partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan sosialisasi cukup baik serta masyarakat masih sangat mengingat materi yang telah disampaikan (2) Sikap dapat dilihat dari masyarakat yang memperhatikan masalah lingkungan bantaran sungai, sebagian masyarakat mengetahui dan menjalankan kebijakan pemerintah terkait lingkungan bantaran sungai, respon masyarakat yang baik ketika ada himbauan melakukan gontong-royong membersihkan lingkungan bantaran sungai serta bertanggung jawab pada resiko dalam aktivitas membuang sampah (3) Tindakan dapat terlihat dari masyarakat yang menjaga lingkungan bantaran sungai, melakukan pemanfaatan dengan cara mendaur ulang sampah anorganik, membeli produk-produk ramah lingkungan, melakukan penghematan sumber-sumber energi serta menggunakan transfortasi ramah lingkungan.

Disarankan pemerintah dan masyarakat agar meningkatkan kesadaran bersama-sama untuk menjaga dan merawat lingkungan khususnya bantaran sungai. Pemerintah perlu memberikan tindak lanjut pada masyarakat yang membuang sampah di sungai. Pemerintah juga harus mengadakan sosialisasi dan meningkatkan fasilitas kebersihan serta sumber daya manusia demi menuntaskan serta menyelesaikan permasalahan lingkungan bantaran sungai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI