DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Asam Asam Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:PUTRI TAMARO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-08


ABSTRAK

 

Putri Tamaro1910411120015, 2023, EfektivitasProgramBantuanPangan NonTunai(BPNT)diDesaAsamasamKecamatanJorongKabupatenTanahLaut.Bimbingan olehMuhammadRiduansyahSyafari.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi yaitu pada masalah kemiskinan yang masihdihadapi oleh beberapanegara di dunia termasuk di Indonesia. Kemiskinanadalahsuatu keadaan ketidakmampuan individu atau kelompok masyarakat untuk memenuhikebutuhan hidup, baik kondisi fisik maupun ekonomi serta kebutuhan pangan sehari-hari. Pada dasarnya dalam penelitian program bantuan pangan non tunai (BPNT) inimengetahui bagaimana upaya dalam pelaksanaan kegiatan untuk menangani masalahkemiskinandengan melalui program bantuan yang bersifat non tunai. Program inidiselenggarakan oleh Kementerian Sosial yang didalamnya bekerjasama dengan pihak DinasSosialsertapemerintahdaerahsetempatKabupaten/Provinsi.

Tujuan adanya program ini agar lebih efektif yang mana dapat mengurangi bebanpengeluarankhususnyapadapemenuhankebutuhanpangan,memberikangizi,meningkatkan ketepatan sasaran dan ketepatan waktu, serta memberikan kemudahandalam pertumbuhan ekonomi dengan berdagang kecil-kecilan. Tujuan penelitian untukmengetahui Efektivitas Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa AsamAsam Kecamatan Jorong Kabupaten TanahLaut dan Untuk mengetahuiApa SajaFaktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)di DesaAsamAsamKecamatanJorongKabupatenTanahLaut.Informanyangdijadikanuntukwawancara penelitiberjumlah7orang.Metode penelitianyangdigunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datamenggunakan hasil wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data,penyajiandatadanpenarikankesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program bantuan pangan non tunai(BPNT) di Desa Asam asam Kecamatan Jorong Kabupaten TanahLaut dikatakancukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari pengukuran efektivitas program yaitusosialisasiprogram,ketepatan sasaran, tujuan program, dan pemantauan program.Dimana hasil penelitian terhadap wawancara tersebut semuanya dibilang cukup efektif yang pada intinya programBPNT tersebut cukup menunjukkan pelaksanaanyangberjalandenganbaik dansesuaidenganharapan.

Kata Kunci:Efektivitas,ProgramBPNT,Kemiskinan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI