DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEBUTUHAN UDARA PEMBAKARAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PROSES PEMBAKARAN BOILER PT. PLN (PERSERO) SEKTOR PEMBANGKITAN ASAM ASAM UNIT 3 & 4
PENGARANG:YUDISTIRA BAYU SETIAMBODO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-21


 

Yudistira Bayu Setiambodo, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat, Januari 2019. Analisis Kebutuhan Udara Pembakaran Untuk Mengoptimalkan Proses Pembakaran Boiler PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Asam Asam Unit 3 & 4. Pembimbing : Akhmad Syarief, S.T., M.T.

Untuk mengetahui pengoperasian boiler yang efisien, maka operator selaku pemegang kendali PLTU harus mengerti seperti apa proses pembakaran di dalamnya. Pembakaran yang baik akan selalu membutuhkan kombinasi yang tepat antara bahan bakar dan udara (oksigen). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa jikajumlah flow udara aktual yang dibutuhkan untuk proses pembakaran nilainya semakin mendekati dengan nilai flow udara idealnya maka secara tidak langsung akan menaikkan nilai efisiensi pembakaran pada boiler. Hal ini dapat dilihat dari nilai efisiensi pada unit 3&4  yang penulis angkat menjadi objek perbandingan untuk tujuan penelitian. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan kondisi flow udara aktual unit 3 dengan udara ideal memiliki sedikit deviasi sehingga nilai efisiensi boiler unit 3 yang didapatkan melalui perhitungan mencapai 78,86 %. Sedangkan untuk unit 4, jumlah flow udara aktual dan udara ideal memiliki deviasi yang cukup besar sehingga nilai efisiensi boiler unit 4 yang didapatkan melalui perhitungan hanya mencapai 78,24 %.

Kata Kunci: Boiler, Kombinasi, Pembakaran, Deviasi, Efisiensi, Ideal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI