DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Klasifikasi Sub Das Mandiangin Beserta Upaya Pengelolaannya Dalam Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Universitas Lambung Mangkurat Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:EDI SURYANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-12


ABSTRAK

 

 

 

 

 

Edi Suryanto. 2023.Analisis Klasifikasi Sub DAS Mandiangin beserta Upaya Pengelolaannya dalam Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus Universitas Lambung MangkuratKabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis. Program Studi Magister Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Prof. Dr. Drs. Suyanto,. M.P. dan Prof. Dr. Ir. H. Syarifuddin Kadir, M.Si.

 

 

 

Kata kunci:Klasifikasi, Sub DAS Mandiangin, Kabupaten Banjar

 

 

Kerusakan di DAS utamanya disebabkan karena perubahan penggunaan lahan yang tidak terkendali. Hutan berperan sebagai salah satu komponen penyusun ekosistem DAS memiliki fungsi utama secara ekologis. Berkurangnya tutupan vegetasi berupa hutan dan seresah adalah faktor penyebab kerusakan DAS. Kerusakan pada DAS akan mengakibatkan meningkatnya potensi untuk banjir. Tujuan dari penelitian ini adalahmenganalisis komponen daya dukung Sub DAS Mandiangin, menganalisisklasifikasi Sub DAS Mandiangin berdasarkan daya dukungnya dan menentukan upaya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang sesuai dengan klasifikasi DAS dalam Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Universitas Lambung Mangkurat. Penelitianinibersifat deskriptifkuantitatif yaitu melakukan pembobotan dari kelima komponen utama dalam penetapan klasifikasi DAS sehingga dihasilkan data yang terukur secara kuantitatif. Penelitian ini lebih banyak menggunakan data sekunder yang bersumber dari beberapa instansi pemerintah seperti BPDAS, BPKH, BMKG, BPS dan Profil Desa. Data primer dikumpulkan berdasarkan pengukuran dan pengamatan langsung di lapangan terutama pada komponen tata air yaitu debit air. Penelitian   ini menggunakanpendekatanwilayahekologiDASyang prosesanalisisdanpenyajiannya dilakukansecara spasialdenganmemanfaatkan teknologi SistemInformasiGeografis(SIG). Haltersebutdiartikan bahwa hasil-hasildalampenelitianinimemilikireferensigeografisdan penyajiannyaberupapeta. Analisis dan penjumlahan nilai pembobotan komponen daya dukung SUB DAS Mandiangin diperoleh nilai sebesar 116,00, sehingga Sub DAS Mandiangin termasuk klasifikasi DAS yang perlu dipulihkan daya dukung dan daya tampungnya.Upaya pegelolaan sumber daya alam dan lingkungan untuk pemulihan daya dukung Sub DAS Mandiangin dapat dilakukan berdasarkan skala prioritas dengan merujuk hasil beberapa komponen dengan kriteria pemulihan sangat tinggi, tinggi dan sedang. Untuk kriteria pemulihan rendah dan sangat rendah dapat dilakukan kegiatan monitoring, pencegahan, pengamanan, pengendalian, dan perlindungan agar kualitas daya dukung dan daya tampung Sub DAS Mandiangin tidak menurun.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI