DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Kinerja Waktu dan Biaya Proyek dengan Menggunakan Metode Earned Value Management pada Proyek Peningkatan Jalan Lingkungan Desa Tanipah Kecamatan Mandastana
PENGARANG:SITI SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-12


Salah satu metode yang digunakan dalam pengendalian waktu dan biaya proyek adalah metode konsep nilai hasil (earned value). Earned value merupakan suatu konsep perhitungan anggaran biaya sesuai dengan pekerjaan yang telah diselesaikan. Dimana kinerja yang diukur yaitu pekerjaan yang selesai pada waktu tertentu, yang jika dinilai berdasarkan jumlah anggaran yang tersedia pada proyek tersebut. Untuk itu nantinya dapat diketahui hubungan antara progress fisik yang dicapai dengan anggaran yang telah dikeluarkan.

  Dalam penelitian ini objek penelitian yang digunakan yaitu proyek Peningkatan Jalan Lingkungan Desa Tanipah Kecamatan Mandastana dan menggunakan data yang telah ada yaitu data umum proyek, nilai kontrak, time schedule dan laporan mingguan. Penelitian ini menggunakan analisis kinerja proyek berdadasrkan waktu dan biaya menggunakan metode Earned Value Management.

  Hasil analisis data yang didapatkan yaitu terjadi keterlambatan pekerjaan proyek pada minggu ke-1 dan minggu ke-2 akan tetapi kinerja penjadwalan membaik sehingga pada minggu berikutnya tidak lagi terjadi keterlambatan dan proyek selesai tepat waktu. Dari segi biaya, pada minggu ke-1 sampai dengan minggu ke-7 biaya yang dikeluarkan melebihi dari anggaran tetapi pada minggu ke-8 kinerja biaya membaik dan pada minggu terakhir keuntungan yang didapatkan sebesar Rp. 40.207.776.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI