DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI BIM DALAM REKAYASA NILAI PADA TANGGA GEDUNG DAKWAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN KAMPUS 2 UIN ANTASARI BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD DONY SYAHPUTERA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-12


Skripsi dengan judul “Implementasi BIM dalam Rekayasa Nilai pada Tangga Gedung Dakwah pada Proyek Pembangunan Kampus 2 UIN Antasari Banjarbaru” ini ditulis oleh Muhammad Dony Syahputera, NIM 1810811110049, pembimbing Husnul Khatimi, S.T., M.T.

            Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Rencana Anggaran Biaya proyek bangunan gedung disusun seoptimal dan seefesien mungkin dengan mutu dan kualitas yang tetap terjamin. Pada beberapa bagian bangunan gedung ada yang memiliki biaya yang besar, namun bagian tersebut masih dapat dioptimalisasi dengan cara pengefisienan kembali. Aspek pembiayaan yang besar menjadi pusat perhatian untuk dilakukan analisa kembali dengan tujuan untuk mencari penghematan. Hal tersebut memunculkan banyak alternatif-alternatif yang dijadikan dasar untuk melakukan kajian yang sifatnya tidak mengoreksi kesalahan-kesalahan yang dibuat perencana maupun mengoreksi perhitungannya namun lebih mengarah kepenghematan biaya. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu Rekayasa Nilai (Value Engineering) agar biaya-biaya dan usaha-usaha yang tidak diperlukan dapat dihilangkan sehingga nilai atau biaya proyek tersebut dapat berkurang.

            Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Berapakah estimasi biaya struktur Tangga Gedung Dakwah pada Proyek Pembangunan Kampus 2 UIN Banjarbaru dengan perubahan material baru menggunakan software BIM Tekla Structures?; (2) Bagaimana pengimplementasian BIM dalam proses rekayasa nilai pada pekerjaan struktur Tangga Gedung Dakwah pada Proyek Pembangunan Kampus 2 UIN Banjarbaru ?

            Dalam penelitian ini menggunakan data primer dari pakar dan data sekunder berupa gambar Rencana, Uraian Pekerjaan, dan AHSP/HSPK. Kemudian dilakukan Permodelan dengan Tekla Structures. Kemudian pengembangan alternatif terbaik. Pada tahap ini akan dimunculkan dan ditentukan alternatif apa saja yang mungkin diterapkan terhadap komponen bangunan yang direkayasa sehingga dapat meningkatkan fungsi bangunan dan mengoptimalkan biaya bangunan. Setelah didapat estimasi biaya dengan menggunakan BIM serta estimasi biaya manual, barulah dibandingkan kedua hasil tersebut dan diputuskan alternatif apa yang efisien untuk diimplementasikan. Kemudian akhirnya dapat ditarik kesimpulan dari penelitian tersebut.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Estimasi biaya struktur tangga pada Proyek Pembangunan Gedung Dakwah Kampus 2 UIN Antasari Banjarbaru dengan menggunakan software BIM Tekla Structures didapatkan sebesar  Rp216,914,064.40; (2) pengaplikasian Rekaya Nilai dan penggunaan BIM based cost estimation dapat diandalkan karena menghasilkan estimasi biaya yang lebih efisien dan dapat diminimalisir dari harga sebelumnya; (3) Penggunaan BIM Tekla pada penunjang rekayasa nilai digunakan sebagai strategi yang memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proyek konstruksi. Serta dapat memberikan keunggulan dalam pemodelan 3D.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI