DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN PROYEK PERBAIKAN DRAINASE JALAN BANJAR RAYA INDAH MENGGUNAKAN KONSEP EARNED VALUE
PENGARANG:HAMMES GIBRAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-12


ABSTRAK

 

            Proyek Perbaikan Drainase Jalan Banjar raya Indah Banjarmasin adalah sebuah proyek konstruksi yang memiliki anggaran biaya tanpa PPN sebesar Rp 1.035.355.867,95 dan durasi rencana 154 hari. Berdasarkan kurva-s proyek tersebut, terjadi deviasi sebesar −12,038% pada minggu ke-15. Nilai deviasi tersebut menunjukkan bahwa realisasi proyek tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Untuk itu, dilakukanlah evaluasi biaya dan waktu proyek menggunakan Metode Earned Value serta melakukan percepatan pada pekerjaan sisa menggunakan Metode Crashing dengan pilihan penambahan jam kerja (lembur) dan penambahan shift kerja.

 

            Nilai Cost Variance, Cost Performance Schedule Variance dan Schedule Performace Index pada analisis Earned Value menunjukkan bahwa pada minggu ke-15, biaya realisasi proyek lebih kecil dari biaya yang dikeluarkan dan proyek mengalami keterlambatan waktu terhadap rencana. Kemudian berdasarkan Estimate At Completion pada minggu ke-15 diperkirakan biaya akhir proyek menjadi Rp920.570.464,68. Sedangkan berdasarkan Estimate All Schedule pada minggu ke-15, durasi akhir proyek diperkirakan menjadi selama 171 hari.

 

            Perhitungan percepatan pada pekerjaan sisa menggunakan 158 hari sebagai durasi terlambat berdasarkan perhitungan volume sisa dan durasi sisa. Analisis percepatan pada pekerjaan sisa menjelaskan bahwa percepatan dengan pilihan penambahan jam kerja (lembur) selama 4 jam memerlukan biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan percepatan dengan penambahan shift kerja.

 

 

Kata kunci: Evaluasi Proyek, Earned Value, Percepatan, Metode Crashing, Penambahan Jam Kerja (Lembur), Penambahan Shift Kerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI