DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:EPI AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-13


Kebiasaan teman sebaya dapat mempengaruhi perkembangan karakter, ketika siswa berteman dengan yang berperilaku bertanggung jawab maka terbuka peluang bagi siswa untuk meniru perilaku yang sering dilihat dan dilakukan temannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pergaulan teman sebaya dengan karakter tanggung jawab siswa di SMP Negeri 12 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel seluruh kelas IX sebanyak 204 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan Uji Mann Whitney pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan bantuan perhitungan SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan pergaulan teman sebaya dengan karakter tanggung jawab siswa yang terlihat pada hasil Uji Mann Whitney yaitu sebesar Asymp.Sig.(2-tailed) ,000 < 0,05. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat hubungan pergaulan teman sebaya dengan karakter tanggung jawab siswa di SMP Negeri 12 Banjarmasin. 

Berdasarkan hasil penelitian disarankan sekolah dapat meningkatkan penerapan pendidikan karakter, mengadakan sosialisasi atau kegiatan-kegiatan yang mengedukasi siswa mengenai bahaya yang ditimbulkan dari pergaulan dalam pertemanan yang salah dan cara menjadi teman yang berdampak positif bagi teman-teman lainnya. Siswa diharapkan dapat menjalin dan menciptakan pergaulan atau pertemanan yang positif dan dapat meningkatkan kualitas dirinya dimulai dari pembiasaan bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan. Bagi orang tua agar dapat mengawasi dengan siapa dan apa yang dilakukan anak bersama teman sebayanya agar tidak terjebak dalam pergaulan yang salah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI