DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Wacana Argumentasi dalam Debat Publik Calon Wali Kota Banjarbaru
PENGARANG:RINA HILMINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-15


Hilmina. Rina. (2024).  Wacana Argumentasi dalam Debat Publik Calon Wali Kota Banjarbaru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I)  Dr. Sabhan, M.Pd. ; (II) Faradina, M.Pd.

 

Kata kunci: wacana, argumentasi, debat 

 

Penelitian ini berfokus pada analisis wacana argumentasi dalam debat publik  antar Calon Wali Kota Banjarbaru dengan judul “Wacana Argumentasi dalam Debat Publik Calon Wali Kota Banjarbaru.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wacana argumentasi dalam debat tersebut, sehingga dapat diperoleh pemahaman mendalam mengenai strategi komunikasi yang digunakan oleh kedua kandidat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi dan simak catat. Data dikumpulkan melalui analisis kata-kata, kalimat-kalimat, wacana, gambar/foto, catatan harian, memorandum, dan video tape. Metode penelitian mencakup desain penelitian, populasi sampel, teknik pengumpulan data dengan teliti, dan analisis data untuk mengungkap pola argumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga kategori utama dalam debat tersebut, yaitu: klaim, menyerang, dan bertahan. Klaim mencakup klaim kebijakan, klaim karakter personal, dan klaim kepemimpinan. Menyerang melibatkan serangan terhadap kebijakan, karakter personal, dan kepemimpinan. Bertahan adalah argumen yang mendukung atau menanggapi serangan. Temuan ini memberikan gambaran komprehensif tentang dinamika debat dan strategi komunikasi kedua kandidat.

Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman argumentasi dalam konteks debat politik. Implikasi dari temuan ini dapat diterapkan dalam analisis strategi komunikasi politik dan memperkaya literatur mengenai debat publik dan pemilihan kepala daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI