DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERTUMBUHAN LABA, DEBT TO ASSET RATIO, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN ON ASSET PADA SUBSEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020-2022
PENGARANG:TEGUH NUGROHO MAHARDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-15


Teguh Nugroho Mahardi (2023). Pengaruh Pertumbuhan Laba, Debt to Asset Ratio, dan Ukuran Perusahaan terhadap Return On Asset pada perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022. Pembimbing: Yohana Yustika Sari.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pertumbuhan laba, debt to asset ratio, dan ukuran perusahaan terhadap return on asset. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini yakni pertumbuhan laba, debt to asset ratio, dan ukuran perusahaan. Sedangkan untuk variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah return on asset.

Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari 2020 hingga 2022. Total populasi penelitian ini berjumlah 47 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 31 perusahaan yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan kriteria khusus yang ditetapkan. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda melalui program SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertumbuhan laba berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on asset dan variabel ukuran perusahaan juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on asset. Sedangkan untuk variabel debt to asset ratio terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return on asset. Saran yang dapat diberikan yakni perusahaan diharapkan mampu untuk melakukan pengelolaan hutang dengan lebih efektif dan pemanfaatan aset yang dimiliki dengan optimal, agar mampu meningkatkan nilai profitabilitas yang diperoleh perusahaan. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI