DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KERAGAMAN TUMBUHAN JENIS MANGIFERA SPP DI KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:LINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-16


Jenis Mangifera spp  merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia. Manfaat paling banyak adalah sebagai konsumsi karena sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai mangga. Keragaman suku manga-manggaan di Indonesia juga sangat banyak dan tersebar diseluruh wilayah termasuk Kalimantan Selatan. Penelitan ini bertujuan untuk menginventarisasi sebaran jenis Mangifera spp yang terdapat di Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar dan menganalisis penguasan jenis Mangifera spp pada lokasi penelitian berdasarkan perhitungan KR,FR, dan DR.  

Penelitian ini dilaksankan di tiga Desa yang ada di Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar yaitu Desa Karang Intan, Lihung dan Pasar Lama. Objek penelitian ini adalah jenis pohon Mangifera spp yang ada di kawasan penelitian dengan cara menginventarisasi vegetasi mengunakan metode kuadrat petak tunggal dengan ukuran petak 50 m × 50 m. Analisis data yang digunakan mengunakan perhitungan rumus indeks nilai penting (INP).

Hasil inventarisasi dan identifikasi yang telah dilakukan terdapat 6 jenis (Mangifera spp) yang tersebar di tiga desa Kecamatan karang intan yaitu, Kasturi (Mangifera casturi), Hampalam (Mangifera laurina Blum) , Kweni (Mangifera odorata Griff), Hambawang (Mangifera foetida ) Palipisan,  dan mangga Golek (Mangifera indica L.). Jenis yang mendominansi berdasarkan perhitungan indeks nilai penting (INP) dikuasai oleh jenis Mangifera casturi  hal tersebut dikarenakan jenis kasturi tersebar diseluruh petak penelitian, dan memiliki dominansi yang tinggi karena umurnya yang sudah tua sehingga memiliki diameter yang besar.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI