DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KECUKUPAN MODAL (CAR), EFISIENSI OPERASIONAL (BOPO), RISIKO KREDIT (NPL) DAN LIKUIDITAS (LDR) TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK DENGAN PT BANK CENTRAL ASIA TBK (PERIODE 2011-2017)
PENGARANG:NORLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-22


ABSTRAK

 

 

Norliani, D1A213217, 2018, Pengaruh Kecukuan Modal (CAR), Efisiensi Operasional (BOPO), Risiko Kredit (NPL) dan Likuiditas (LDR) terhadap Profitabilitas (ROA) pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dengan PT Bank Central Asia Tbk (periode 2011-2017). Dibawah bimbingan Rasyidi dan Siti Rusidah.

Bank perlu menjaga profitabilitas yang tinggi, prospek usaha yang berkembang, membagikan deviden dengan baik, dan memenuhi prinsip kehati-hatian perbankan dengan baik agar kinerjanya dinilai bagus.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh serta perbedaan Kecukupan Modal (CAR) (X1), Efisiensi Operasional (BOPO) (X2), Risiko Kredit (NPL) (X3) dan Likuiditas (LDR) (X4) terhadap Profitabilitas (ROA) (Y) pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dengan PT Bank Central Asia Tbk (Periode 2011-2017).

Objek penelitianadalah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dengan PT Bank Central Asia Tbk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Laporan Keuangan Publikasi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dengan PT Bank Central Asia Tbk periode 2011-2017. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laporan Tahunan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dengan PT Bank Central Asia Tbk sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 7 dikarenakan periode penelitian selama 7 tahun dikalikan dengan 2 objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian menunjukkan pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk untuk Kecukupan Modal (CAR) tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA), Efisiensi Operasional (BOPO) berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA) sebesar 11,1%, Risiko Kredit (NPL) tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA) dan Likuiditas (LDR) tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). Pada PT Bank Central Asia Tbk untuk Kecukupan Modal (CAR) tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA), Efisiensi Operasional (BOPO) tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA), Risiko Kredit (NPL) tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA), dan Likuiditas (LDR) tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). Terdapat perbedaan yang signifikan rasio Kecukupan Modal (CAR), Efisiensi Operasional (BOPO), Risiko Kredit (NPL), Likuiditas (LDR) dan Profitabilitas (ROA) antara PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dengan PT Bank Central Asia Tbk.

 

Kata Kunci: Kecukupan Modal (CAR), Efisiensi Operasional (BOPO),

Risiko Kredit (NPL), Likuiditas (LDR), Profitabilitas (ROA)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI