DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)
PENGARANG:NIKI WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-17


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan,kualitas audit (KAP), kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan opini audit sebagai variabel independen sedangkan ketepatan waktu sebagai variabel dependen.

Sampel penelitian terdiri dari 156 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan menyampaikan laporan keuangan dalam periode 2018-2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisa yang digunakan adalah analisis regresi logistik.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, kualtas audit (KAP), kepemilikan manajerial, kepemilikaninstitusional, dan opini audit berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Variabel leverage tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuagan perusahana manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kata kunci: ketepatan waktulaporan keuangan, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, kualitas audit (KAP), kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, opini audit.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI