DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENINGKATAN PERAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENGEMBANGAN EKOWISATA DI DESA TAMBELA KECAMATAN ARANIO KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:EKAK BHINTARI WAHYUNINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-25


EKAK BHINTARI WAHYUNINGSIH, 2018. "Strategi Peningkatan Peran Masyarakat dalam Upaya Pengembangan Ekowisata di Desa Tambela, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar". Program Studi Magister Ilmu Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat. Dibimbing oleh: (1) Dr. H. Abdi Fithria, S.Hut., M.P. dan (2) Dr. H. Kissinger, S.Hut.,     M.P.

 

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Ekowisata.

 

Penelitian ini bertujuanuntuk (1)mengidentifikasi potensi dan melaksanakan pemetaan, (2)menggambarkan kondisi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat, (3)menganalisis persepsi wisatawan dan masyarakat, dan (4) merumuskan strategi pengembangan Obyek Daya Tarik Wisata di Desa Tambela, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. Penelitian mengambil objek berupa obyek-obyek wisata yang berada di Obyek Daya Tarik Wisata di Desa Tambela Kabupaten Banjar baik ituwisatawan maupunmasyarakat yang berada di sekitar obyek wisata tersebut, dan stakeholder yang terkait. Teridentifikasi objek wisata di Desa Tambela/Aranio sebanyak 9 objek, yaitu Air Terjun dan Wisata Arus Sungai Kembang, Pemandangan Bukit Tirai Hujan dan Bukit Patra Bulu, Bendungan Riam Kanan, Wisata Peternakan Kambing dan Ayam, Kebun Karet Masyarakat, Kebun Holtikultura/Sayur-sayuran, Kebun buah Tambela/Aranio (Dukuh), Penangkaran ikan/karamba jala apung, Wisata Kolam Renang Desa Aranio/Tambela, Masjid Matlaul Anwar Kecamatan Aranio.Kondisi sosial masyarakat di sekitar Objek Daya Tarik Wisata Desa Tambela/Aranio meliputi tingkat Pendidikan masyarakat umumnya masih rendah, jenis kelamin penduduk didominasi oleh kaum wanita, dan tingkat pengangguran masih tinggi. Deksripsi persepsi wisatawan terhadap pengembangan wisata Objek Daya Tarik Wisata Desa Tambela/Aranio menunjukkan bahwa pengelolaan yang tidak maksimal terhadap objek wisata sehingga terkesan apa adanya, sedangkan gambaran masyarakat terhadap pengembangan wisata memberikan potensi yang besar, namun masyarakat tidak memiliki akses terhadap keterlibatan dalam pengelolaan kawasan wisata. Strategi peningkatan peran masyarakat dalam upaya pengembangan ekowisata pada Objek Daya Tarik Wisata di Desa Tambela yaitu kolaborasi para pihak dengan mengedepankan prinsip menjaga kearifan lokal masyarakat dalam melestarikan alam, menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, mendukung aktivitas usaha masyarakat sekitar Obyek Daya Tarik Wisata, melakukan kegiatan penanaman pohon pada lahan gersang dengan jenis tanaman yang cocok dengan kondisi tanah, merangkul masyarakat dengan program yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan, sehingga menumbuhkan kepercayaan terhadap pengelola dan menjalin kerjasama yang baik bagi semua pihak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI