DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peluang, Ancaman, dan Pengembangan pada Kerajinan SapuHaduk di Desa Panggung, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah
PENGARANG:M.Riffi Ridani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-25


ABSTRAK

M. Riffi Ridani.2019 Peluang dan Ancaman Kerajinan Sapu Haduk di Desa Panggung, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Alfisyah, Pembimbing (II) Laila Azkia.

Kata Kunci: Peluang, Ancaman, Kerajinan

Dalam memenuhi kebutuhannya manusia perlu melakukan pekerjaan atau usaha. Di antara usaha-usaha tersebut salah satunya adalah dengan membuat kerajinan sapu haduk. Di Desa Panggung, Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah kerajinan sapu haduk merupakan merupakan komoditas utama yang menjadi kerajinan khas desa tersebut (Fathur Fdj: 2016). Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui bagaimana peluang, ancaman, serta pengembangan kerajinan sapu haduk di Desa Panggung, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive, yaitu memilih orang yang dianggap mempunyai pengetahuan terhadap objek yang diteliti yaitu pengrajin atau penjual kerajinan sapu haduk. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis hasil penelitian dilakukukan melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kerajinan sapu haduk di Desa Panggung, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah setidaknya memiliki dua faktor peluang yaitu sumber daya manusia dan jaringan sosial; (2) Ancaman pada kerajinan sapu haduk di Desa Panggung, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yaitu sumber daya alam dan produk pengganti; (3) Dan terdapat tiga upaya pengembangan yaitu dengan variasi kualitas, variasi ukuran variasi corak, dan kombinasi bahan.

Berdasarkan hasil penelitian ini para pengrajin sapu haduk hendaknya dapat memaksimalkan kualitas produk. Para pelaku usaha kerajinan sapu haduk di Desa Panggung, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah harus bisa terus berinovasi baik itu dalam hal inovasi produk maupun inovasi dalam hal pemasaran, misalnya dengan memasarkan produk dengan cara online sehingga pasar yang dijangkau bisa lebih luas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI