DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERTUMBUHAN BIBIT RAMANIA (Bouea macrophylla Griffith) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ECENG GONDOK
PENGARANG:SANDY WIJAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-20


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis presentase hidup bibit ramania (Bouea macrophylla Griffith) dengan menggunakan media topsoil dengan eceng gondok dan menganalisis respon pertumbuhan bibit ramania (Bouea macrophylla Griffith) dengan perbandingan komposisi media yang berbeda.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), perlakuan yang digunakan A  (kontrol), B (Pemberian eceng gondok 9:1 Topsoil), C (Pemberian eceng gondok 8:2 Topsoil), D (Pemberian eceng gondok 7:3 Topsoil), E (Pemberian eceng gondok 6:4 Topsoil) dan F (Pemberian eceng gondok 5:5 Topsoil). Dengan pengulangan 10 kali sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 buah. Variable yang diamati dalam penelitian ini adalah persentase hidup, pertambahan tinggi, pertambahan jumlah daun dan pertambahan diameter batang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase hidup bibit ramania (Bouea marophylla Griffith) yaitu perlakuan A (kontrol) sebesar 100%, perlakuan B (Pemberian eceng gondok 9:1 Topsoil) sebesar 100%, perlakuan C (Pemberian eceng gondok 8:2 Topsoil) sebesar 100%, perlakuan D (Pemberian eceng gondok 7:3 Topsoil) sebesar 100% perlakuan E (Pemberian eceng gondok 6:4 Topsoil) sebesar 100% dan perlakuan F (Pemberian eceng gondok 6:4 Topsoil) sebesar 100%. Maka rata-rata persentase hidup bibit ramania untuk semua perlakuan adalah 100% dan tergolong sangat baik. Pemberian pupuk eceng gondok berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi bibit ramania, berpengaruh sangat nyata terhadap pertambahan jumlah daun bibit ramania, dan  berpengaruh sangat nyata terhadap pertambahan diameter batang bibit ramania. Pemberian pupuk eceng gondok dengan dosis 7:3 memberikan respon terbaik terhadap pertambahan tinggi bibit ramania dengan rata-rata sebesar 3,2 cm, pertambahan jumlah daun 4,6 helai dan pertambahan diameter batang 1,77 mm.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI