DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Keagamaan Masyarakat Di Desa Karang Buah Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:SITI NAJMI HAFIZHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-20


Siti Najmi Hafizhah. 2023. Aktivitas Keagamaan Masyarakat di Desa Karang Buah Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I : Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Kehidupan masyarakat di Desa Karang Buah terdapat aktivitas keagamaan diantaranya Taman Pendidikan Al-Quran, Yasinan Bapak-bapak dan yasinan Ibu-ibu, serta majelis taklim. Dari adanya aktivitas kegamaan ini sehingga peserta didik dapat mengetahui manfaat dan contoh dari  interaksi sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan profil Desa Karang Buah, 2) Mendeskripsikan aktivitas keagamaan masyarakat di Desa Karang Buah, 3) Mendeskripsikan aktivitas keagamaan masyarakat di Desa Karang sebagai sumber belajar IPS.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi ke tempat penelitian dengan melakukan wawancara ketua RT 4, masyarakat, dan akademisi. Dokumentasi dilakukan saat observasi, pedoman wawancara dengan melakukan turun ke lapangan. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, membercheck.

Hasil penelitian ini yaitu 1) gambaran umum dan sejarah Desa Karang Buah 2) aktivitas keagamaan di Desa Karang Buah seperti aktivitas keagamaan Taman Pendidikan Al-Qur’an. Aktivitas keagamaan setiap minggu yasinan bapak-bapak dan yasinan ibu-ibu serta kegiatan majelis ta’lim yang dilaksanakan akhir bulan. 3) aktivitas keagamaan masyarakat Karang Buah dapat dikaitkan dalam pembelajaran IPS yaitu sebagai sumber belajar IPS kelas VII semester I dalam pembelajaran Interaksi sosial dan lembaga sosial.

Simpulan penelitian ini yakni di Desa Karang Buah terdapat aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat desa, seperti taman pendidikan Al-Qur’an dan yasinan dilaksanakan oleh bapak-bapak dan ibu-ibu. Dari adanya aktivitas diketahui terjadinya aktivitas sosial dan interaksi sosial, penelitian ini dapat dikaitkan dengan sumber belajar IPS kelas VII semester I dalam materi interaksi sosial dan lembaga sosial.

Kata Kunci: Aktivitas Keagamaan, Masyarakat, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI