DIGITAL LIBRARY



JUDUL:USAHA PEDAGANG ASONGAN ANAK DI KAWASAN JALAN BRIGJEN H. HASAN BASRY, BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:LISNA DYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-20


ABSTRAK

LisnaDyanti,2023.UsahaPedagangAsonganAnakdiKawasanJalanBrigjenH.HasanBasry,Banjarmasin,KalimantanSelatan.SkripsiProgramStudiPendidikanSosiologi.JurusanIlmuPendidikanSosial,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan Universitas LambungMangkurat.PembimbingH.Budi Suryadi.

 

KataKunci:PedagangAsongan,Pendapatan

 

Pedagang asongan merup salah satu kategori pekerjaan informal yang tergolongdalampekerjaanyangbanyakdiminatidanmudahdikerj,baikolehorangdewasa,remaja,bahkantermasukanak-anakyangdibawahumuruntukbekerjamenjadipedagangasongan.Usahapedagangasongantersebutbertahanditengah-tengahmasyarakatperkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan alasan terjun menjadipedagangasongandikawasanJl.BrigjenH.HasanBasry,Banjarmasin,(2)mendeskripsikan faktor pendapatan dan pengeluaran dari pedagang asongan di kawasanJl.Brigjen H. HasanBasry,Banjarmasin.

Metodeyangdigundalampenelitianiniadalahmetodepenelitiankualitatif.Sumberdataditentukansecarapurposivesamplingdenganjumlahinforman6orang.Pengumpulan data ditentukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis data yang digun yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, penarikankesimpulan,danpengujiankeabsahandatayangdigunyaitudengan3triangulasi,triangulasisumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Alasan Menjadi Pedagang asongan dikawasan Jl. Brigjen H. Hasan Basry, Banjarmasin antara lain, terbagi menjadi 2 faktorpertama, faktor seperti kemauan sendiri danfaktor ekonomi keluarga,kedua faktoreksternal yaitu tuntutan orangtua. (2) Pendapatan dari pedagang asongan anak yaitu:penghasilanperhariRp.50.000,-sampaiRp. 100.000,-,pengeluaranuntukorangtua.

Berdasarkan penelitian ini disarankan, bagi masyarakat diharapkan untuk dapattetap menjaga keselamatan dan dapat membeli barang dagangan para pedagang asongananakdanbagipemerintahhendaknyadapatmenertibkanpedagangasongananaktersebutdengan menyedi tempat berjualan agar tidak terjadinya anak usia dini berkeluyurandisekitarjalanrayayangbertujuanuntukkeselamatanparapedagangasongananak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI